Jumat, 03 Juli 2015

Kandungan gizi telur puyuh dan manfaatnya bagi kesehatan

•Vitamin
Telur puyuh mengandung 13 persen protein, sedangkan telur ayam hanya 11 persen. Telur puyuh juga mengandung vitamin B1 yaitu sebesar 140 mu-g, sedang telur ayama hanya memiliki 50 mu-g vitamin B1. Sementara itu, Kandungan vitamin A dan B2 pada telur puyuh, sejumlah dua kalilipat telur ayam.
•Mineral
Telur puyuh menyediakan zat besi dan potasium sebanyak lima kali lipatnya telur ayam. Dan oleh Karena hal tersebut, telur puyuh termasuk dalam kategori dietary food.
•Tak mengandung kolesterol jahat/LDL
Keunggulan telur puyuh yang penting lainnya adalah telur puyuh tak mengandung kolesterol jahat (LDL), dan malahan sangat kaya akan kolesterol baik (HDL). Keistimewaan lain, telur puyuh tak menyebabkan alergi, Tidak seperti telur ayam. Justru sebaliknya, telur puyuh bisa membantu untuk mengatasi gejala alergi. Hal ini karena telur puyuh mengandung protein ovomucoid, yang biasa dipakai untuk produksi obat antialergi.
•Bakteri salmonella
Memakan telur mentah adalah kebiasaan yang dianggap sebagai jamu, dan diyakini dapat mendongkrak stamina. Namun makan telur mentah beresiko terinfeksi bakteri salmonela yang dapat mengganggu pencernaan. Namun hal ini berbeda jika kita makan mentah telur puyuh, karena bakteri Salmonella tak dapat hidup pada tubuh burung puyuh karena suhu tubuhnya lebih tinggi daripada ayam. Suhu tubuh yang lebih tinggi burung daripada ayam, membuat bakteri Salmonella tidak dapat hidup pada burung puyuh. Namun demikian, telur puyuh yang akan disantap mentah harus dicuci dulu dengan air panas.
•Aman bagi penderita Gout/asam urat
Menurut situs Gout Pain, penderita asam urat sama sekali tidak dilarang jika makan telur, termasuk telur puyuh. Hal ini karena disebabkan telur mengandung unsur purin yang rendah. Namun demikian, jumlah konsumsi telur ayam tetap harus dibatasi. Penderita gout hanya boleh makan telur ayam maksimal hanya tiga butir perminggu, disesuaikan pula untuk konsumsi telur puyuh. Yang penting diperhatikan adalah, penderita asam urat justru berbahaya jika makan daging burung puyuh itu sendiri.
•Meningkatkan kekebalan tubuh
Membiasakan diri untuk mengkonsumsi telur puyuh setiap pagi, adalah baik untuk menjaga kesehatan. Hal tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki proses metabolisme. Dengan demikian stamina tubuh akan selalu terjaga dan fit sepanjang hari.
Itulah beberapa khasiat dan manfaat telur puyuh bagi kesehatan, yang mungkin bisa menjadi alternatif lain selain telur ayam. Terimakasih smile emotikon

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar